Thursday, March 29, 2018

Manfaat ikan tongkol untuk diet

Bagi penderita diabetes, tentu sulit memilih dan memilah makanan apa saja yang boleh dimakan dan baik bagi kemajuan kesehatan mereka. Salah memilih makanan sedikit saja bisa berakibat fatal. Situs mayoclinic.com menyarankan beberapa asupan nutrisi atau kandungan zat makanan yang harus dipenuhi para penderita diabetes untuk meningkatkan kesehatan badan mereka.

1. Karbohidrat. Pilihlah jenis karbohidrat yang sehat seperti buah, sayur, biji-bijian atau kacang-kacangan serta produk berbahan dasar susu low-fat. Hindari gula atau nasi.

2. Serat. Makanan yang kaya serat adalah jenis makanan yang paling dianjurkan bagi penderita diabetes. Serat dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan membantu mengontrol kadar gula dalam darah anda.

3. Lemak baik. Tak semua lemak itu perlu dihindari lho, Ladies. Lemak baik sebenarnya malah sangat baik sekali bagi tubuh. Yang disebut lemak baik contohnya adalah buah alpukat, kacang almond, walnut, buah zaitun, termasuk minyak zaitun dan minyak canola. Meskipun secara teknis bahan makanan tersebut dapat disebut lemak, namun efeknya malah dapat menurunkan tingkat kolesterol! Tapi ingat, jangan makan makanan lemak baik tersebut sekaligus ya. Karena kandungan lemaknya juga cukup tinggi, maka makanlah satu jenis lemak baik saja setiap harinya.

4. Ikan. Ikan adalah pengganti yang amat baik untuk daging-dagingan. Ikan tuna, tongkol, sarden dan salmon mempunyai lemak dan kolesterol yang lebih rendah dibanding daging sapi dan unggas. Selain itu, ikan juga memiliki kandungan omega-3 yang amat baik bagi kesehatan jantung. Akan tetapi, hindarilah makan ikan mentah seperti sushi atau sashimi karena kandungan merkurinya yang masih amat tinggi.

No comments:

Post a Comment