Thursday, March 22, 2018

Bolehkah ibu hamil makan ikan teri asin

Boleh tidaknya ikan asin dikonsumsi saat hamil tergantung dari beberapa keadaan, antara lain:

Cara pengolahan ikan asin.

Ikan asin diolah dengan cara tertentu yakni digarami, direndam dan dikeringkan. Proses ini sangat rentan terkontaminasi oleh bakteri berbahaya misalnya Listeria. Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut dengan listeriosis.
Infeksi listeria pada ibu hamil akibatnya cukup serius, dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, kematian janin dalam rahim serta infeksi janin.
Meskipun infeksi ini jarang dan metode memasak tertentu bisa membunuh bakteri ini, tidak ada jaminan ikan asin yang kita makan bebas dari bakteri ini.
Jadi, menghindari konsumsi ikan asin adalah pilihan yang bijak. Lebih baik mencegah daripada menyesal kemudian karena efek buruknya infeksi yang ditimbulkan.

Penggunaan bahan pengawet yang berbahaya, formalin.

Masalah lain yang kita harus hati-hati adalah penggunaan formalin pada ikan asin. Kita tidak bisa menyangkal bahwa ada orang-orang tertentu yang entah tidak tahu atau tidak mau tahu menggunakan formalin agar ikan asin lebih awet dan tidak mudah busuk.

Kita tentu saja sudah tahu efek negatif dari formalin yang dapat memicu terjadinya kanker, kerusakan organ, iritasi, dll.

Kondisi kesehatan ibu hamil.

Ikan asin mengandung banyak garam. Jika Anda hamil dan memiliki tekanan darah tinggi/hipertensi atau bahkan mengalami gejala pre eklampsia intake garam akan dikurangi.

Bagaimana kalau saya ingin sekali makan ikan asin?

Mungkin Anda saat ini sedang hamil dan sangat mengidamkan makan ikan teri atau ikan peda, ingin makan hidangan ikan asin layang/pindang, yang sebaiknya Anda lakukan adalah:
  • Menyajikan ikan asin dengan cara memasak yang benar dan matang sehingga bisa dipastikan bakteri yang ada mati.
  • Untuk menghindari ikan kering berformalin, pastikan Anda mengetahui ciri-ciri ikan asin yang diberi formalin dan yang tidak.
  • Selalu banyak alternatif jenis makanan yang bisa Anda pilih yang baik untuk ibu hamil.
  • Variasikan menu makanan sehingga tidak bosan, bayipun mendapatkan ‘rasa’ makanan yang beragam yang baik untuk membangun pola makannya kelak saat ia mulai mengenal makanan padat.

No comments:

Post a Comment