Wednesday, March 21, 2018

Efek samping makan ikan asin

Kandungan garam yang ada dalam ikan asin terkadang cukup banyak. Maka tak heran rasa ikan ini bisa begitu asin. Jika Anda salah satu penggemar ikan asin, maka Anda perlu memperhatikan jumlah ikan asin yang Anda konsumsi. Terlalu banyak mengonsumsi suatu jenis makanan hanya akan membuat tubuh Anda terganggu kesehatannya. Walaupun makanan tersebut bergizi, Anda tetap akan terjangkit banyak gangguan kesehatan akibat terlalu banyak asupan gizi yang masuk ke tubuh.

1. Kandungan garam yang banyak

Jumlah garam dalam ikan asin diperkirakan lebih dari 5 gram. Padahal tubuh Anda membutuhkan asupan garam kurang dari itu. Bisa Anda bayangkan jika Anda hampir setiap hari mengonsumsi makanan ini, garam akan menumpuk di dalam tubuh Anda.

2. Keracunan logam berat

Saat ini sudah sangat sulit untuk menentukan makanan yang sehat dan tidak tercemar limbah, termasuk ikan asin. Jenis ikan yang diolah terkadang banyalk yang terjangkit logam berat sehingga Anda yang mengonsumsinya bisa mengalami keracunan.

3. Penyakit darah tinggi

Kandungan garam yang banyak dalam ikan asin akan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda dan menimbulkan penyakit. Salah satunya adalah penyakit darah tinggi. Garam mengandung senyawa yang akan memicu darah tinggi jika dikonsumsi terlalu banyak.

4. Resiko kanker

Asupan garam yang berlebihan ke tubuh Anda bisa menjadi penyebab timbulnya kanker. Tubuh Anda membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang, sehingga jika Anda hanya mengonsumsi satu jenis nutrisi saja, maka kesehatan sel tubuh akan terganggu.

5. Penyakit jantung

Anda juga perlu berhati-hati terhadap resiko penyakit jantung yang akan Anda terima. Pasalnya kandungan garam yang terlalu banyak dikonsumsi oleh tubuh melalui ikan asin dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

6. Sakit perut

Kelebihan jumlah makanan dengan kandungan garam yang banyak seperti ikan asin dapat membuat perut Anda terasa sakit. Hal ini karena lambung Anda tidak bisa menerima zat asin yang ada pada ikan asin dengan kadar yang berlebihan.

7. Peredaran darah yang tidak lancar

Aliran darah Anda kemungkinan besar akan menjadi tidak lancar jika Anda banyak mengonsumsi ikan asin. Hal ini berkaitan dengan gejala penyakit darah tinggi yang akan Anda dapatkan karena konsumsi ikan asin berlebihan.

No comments:

Post a Comment