Saturday, March 3, 2018

Kandungan gizi ikan tongkol

Ikan tongkol ini tidak lepas dari kandungan gizi yang terkandung dalam dagingnya. Tidak hanya kandungan protein yang tinggi, kandungan omega 3 pada ikan tongkol ini juga sangat tinggi.
Ikan tongkol tentu sudah sangat akrab sekali dengan telinga kita. Ikan tongkol ini merupakan salah satu jenis dari ikan laut. Ikan tongkol ini bisanya juga disebut ikan tuna atau ikan cakalang.
Ikan tongkol ini merupakan salah satu jenis ikan yang cukup banyak diekspor dan juga dikonsumsi sendiri untuk kebutuhan makan setiap hari. Walaupun ikan ini cukup diminati, namun pembudidayaan ikan tongkol ini masih cukup jarang dilakukan.

Manfaat ikan tongkol ini ternyata cukup besar, seperti apa manfaatnya? Berikut ulasannya:

1. Menjaga kesehatan mata
John Hopkins School of Medicine pernah mengungkapkan dalam penelitiannya bahwa kandugan omega 3 pada ikan tongkol ini mampu mengurangi resiko penyakit AMD ( Age Macular Disease) yang merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan.

2. Mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi
Kandungan protein dalam ikan tongkol ini sangat bermanfaat dalam proses pertumbuhan dan perkembangan masaa dan kekuatan otot. Selain itu protein ini juga memberikan energi tambahan pada tubuh.

3. Mencegah kulit kusam
Kulit merupakan hal yang paling dijaga oleh semua orang. Mempunyai kulit yang kusam tentu sangat mengganggu. Untuk mencegah kulit kusam ini, sobat dapat juga mengatasinya dengan rajin mengkonsumsi ikan tongkol.
Caranya:
Filet atau sayat kulit ikan, khususnya pada daerah sekitar sirip punggung sampai ekor
Rebus sayatan kulit ikan tongkol tadi dengan batang serai yang sudah dimemarkan.
Tambahkan garam secukupnya
Setelah matang, angkat dan sobat dapat makan ikan tadi beserta dengan kuahnya.

No comments:

Post a Comment