Wednesday, March 28, 2018

Kandungan gizi ikan pindang tongkol

Ikan pada hakekatnya adalah semua bahan makanan yang berasal dari hewan yang hidup dalam air. Ikan ada yang di ambil dari laut, empang, rawa, kali atau segala macam perairan yang terdapat di daratan.
Ikan laut umumnya punya daging padat , enak rasanya, tidak berduri diantara daging. Sedangan ikan darat, dagingnya tidak terlalu pada, lebih banyak mengandung air dalam keadaan masak, mudah hancur kalau di masak. Daging ikan merupakan sumber protein, lemak , tetapi komposisinya sangat bervariasi tergantung pada musim, umur dan faktor lainnya. Kandungan lemak 0,2-20 %, protein 18-20%, dan abu 1-1,8%. Protein ikan mudah dicerna dan bermutu tinggi  karena kandungan asam aminonya.
Dalam rangka pemanfaatan seekor ikan dapat dipisahkan bagian daging yang dapat dimakan dan bagian yang tidak dapat dimakan. Jaringan ikan lebih cepat membusuk, oleh karena itu perlu adanya perlindungan terhadap ikan untuk menghambat pembusukan. Pembusukan ikan dapat disebabkan karena pengaruh mikrobiologi , fisiologi, dan kimiawi.
Ikan tongkol adalah jenis ikan pelagis yang merupakan salah satu komoditas utama ekspor indonesia. Akan tetapi akibat pengelolaan yang kurang baik dibeberapa perairan di indonesia,terutama disebabkan minimnya informasi pada musim tangkap,daerah penangkapan ikan,disamping kendala teknologi tangkapnya itu sendiri,tingkat pemanfaat sumber daya ikan sangat rendah.       
Dari hasil pengamatan  ikan tongkol memiliki bentuk lonjong dan bagian daging berwarna merah agak gelap,pada bagian kulit punggung berwarna hitam,bagian kulit perut berwarna putih, bagian kulitnya licin, tidak bersisik, dan bertulang.
Sedangkan pada ikan tongkol pindang memiliki bentuk lonjong,warna daging merah agak gelap.
Dari hasil pengamatan warna daging ikan tongkol merah agak gelap , sedangkan pada ikan tongkol pindang warna dagingnya coklat keputih-putihan.


No comments:

Post a Comment