Friday, March 30, 2018

Fungsi dan manfaat ikan cakalang


Walaupun ikan cakalang secara nama kurang populer di masyarakat, nyatanya tanpa disadari banyak masyarakat yang sudah mengonsumsi ikan ini. Manfaat yang didapatkan dari konsumsi ikan cakalang sangatlah banyak untuk manusia. Berikut ini beberapa manfaat yang dirasakan oleh tubuh manusia sebagai hasil dari mengonsumsi ikan cakalang secara rutin.
  1. Meningkatkan Daya Ingat Otak
Ikan cakalang memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi. Omega 3 ini merupakan lemak esensial yang dapat mendukung daya ingat otak. Oleh karena itulah, omega 3 sering diperjualbelikan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Secara alami, konsumsi dari ikan cakalang dapat meningkatkan daya ingat otak dengan menstimulasi kerjanya melalui kandungan omega 3. Syaraf-syaraf yang dinutrisi dengan omega 3 akan berfungsi dengan baik dan penyimpanan memori ingatan pun dapat berjalan dengan lebih baik.
  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak
Kandungan ikan cakalang yang sangat tinggi protein juga dapat mendukung proses peningkatan kecerdasan otak. Anak-anak khususnya sangat membutuhkan asupan gizi jenis ikan cakalang ini. Anak di masa pertumbuhan harus didukung oleh makanan yang mampu meningkatkan kecerdasan otaknya. Ikan cakalang adalah salah satu makanan tersebut dan sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak.
  1. Menambah Nafsu Makan
Anak-anak sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan cakalang. Selain karena mampu meningkatkan kecerdasan otak, ikan cakalang juga dibutuhkan untuk menambah nafsu makan. Anak-anak diketahui seringkali malas makan. Konsumsi ikan cakalang memungkinkan anak-anak untuk lebih sering makan dan tidak lagi memilih-milih makanan.
  1. Menjadi Sumber Protein Tinggi Hewani
Protein bagi manusia sangatlah penting keberadaannya. Konsumsi protein yang cukup dapat menjaga tubuh dari segala macam penyakit. Protein dapat dimiliki dalam dua jenis, yaitu protein nabati dan protein hewani. Protein nabati mudah didapatkan melalui konsumsi sayuran, bagaimana dengan protein hewani? Salah satu sumber protein hewani yang cukup tinggi adalah ikan cakalang ini.
  1. Menjaga Berat Badan Selama Proses Diet
Mengonsumsi ikan cakalang sebanyak apapun tidak akan menambah berat badan anda. Ikan cakalang rendah kalori dan lemak. Oleh karena itu, ikan cakalang merupakan salah satu menu ideal dalam program diet anda. Konsumsilah ikan ini sebagai pengganti konsumsi lauk-pauk anda setiap hari. Kebutuhan nutrisi anda yang lain sudah terpenuhi dengan ikan ini, tanpa perlu takut menjadi gemuk.
  1. Menjaga Kulit Tetap Awet Muda (Mencegah Penuaan Dini)
Kandungan vitamin dari ikan cakalang ini juga sangat banyak jenisnya dan tinggi jumlahnya. Vitamin A, C, dan D dari ikan cakalang ini tidak dapat dipungkiri kebermanfaatannya. Gabungan dari ketiga vitamin ini dapat mewujudkan kulit yang tetap awet muda. Oleh karena itu, konsumsilah ikan cakalang secara rutin untuk mendapatkan kulit yang cerah, tanpa kerutan, dan bebas dari penuaan dini.
  1. Menjaga Elastisitas Kulit
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ikan cakalang sangat kaya akan vitamin dan protein. Keberadaan dari kandungan ini dapat menjadikan kulit tetap fleksibel dan elastic. Kulit tidak kaku dan mudah muncul kerutan. Oleh karena itu, ikan cakalang merupakan konsumsi yang mendukung juga perawatan kecantikan, khususnya perawatan kulit.
  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Ikan cakalang memiliki kandungan vitamin D yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin pertumbuhan tulang dan gigi anak anda berjalan dengan normal berikanlah anak anda mengonsumsi ikan cakalang ini. Bagi orang dewasa, konsumsi ikan cakalang akan mengurangi resiko tulang yang patah atau retak, maupun gigi yang mudah tanggal.
  1. Membantu Proses Pemulihan Kolesterol Tinggi
Pemulihan kolesterol tinggi dapat dilakukan dengan mengonsumsi ikan cakalang. Hal ini diakibatkan oleh manfaat ikan cakalang bagi tubuh yang dapat mengontrol jumlah kolesterol jahat yang mampu membahayakan anda. Agar hasil pemulihan lebih maksimal, konsumsilah ikan ini minimal dua kali dalam seminggu. Anda pun akan merasakan hasil yang signifikan dalam pemulihan kadar kolesterol anda.

No comments:

Post a Comment