Monday, March 12, 2018

efek samping air daun serai

Berikut di bawah ini berbagai manfaat serai yang memiliki nama ilmiah “Cymbopogon citratus” ini.
1. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Air rebusan serai bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh, hal itu karena di dalamnya terkandung zat anti-mikroba yang berfungsi untuk melawan dan membunuh bakteri jahat dan parasit.

Sehingga akhirnya dapat menjaga kesehatan dan fungsi usus agar tetap baik. Manfaat ini sangat penting untuk mencegah terjadinya masalah pencernaan seperti diare, mual, maag, kembung, gastritis, sembelit dan lainnya.

Top10homeremedies.com menyebutkan bahwa kandungan di dalam serai berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Dimana kandungan senyawa antiseptik di dalam serai bekerja secara efektif untuk membunuh bakteri jahat dan parasit di saluran pencernaan, sehingga juga bakteri baik yang ada di dalam di usus besar bisa berfungsi dengan baik.

Sehingga keberadaan senyawa antiseptik ini memiliki fungsi penting dalam menghindari masalah pencernaan seperti sembelit, diare, muntah dan banyak lainnya.

Selain itu, sereh juga mempunyai khasiat sebagai antimikroba untuk membantu meringankan gastroenteritis.

Agar Anda bisa memperoleh pencernaan yang sehat, maka disarankan untuk minum teh sereh secara teratur. Hanya saja, teh sereh tidak untuk anak kecil.


2. Melawan Kolesterol Jahat
Pada daun batang serai terkandung zat anti-kolesterol yang sangat penting dalam mencegah menumpuknya kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.

Untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi ini maka Anda disarankan untuk mengonsumsi air rebusan serai secara rutin. Kandungan di dalam serai bekerja untuk meminimalisir penyerapan kolesterol jahat di dalam usus.

Serai juga memiliki khasiat sebagai anti atesklerosis, yang berfungsi untuk membersihkan dan menghambat terbentuknya plak pada pembuluh darah.

Manfaat kandungan di dalam serai ini sangat penting dalam menghindari masalah penumpukan lemak dan kolesterol pada tubuh, sehingga menghindari resiko serangan jantung koroner.

Dari laman Livestrong.com. Ronald Ross Watson, seorang penulis buku "Vegetables, Fruits, and Herbs in Health Promotion" menjelaskan bahwa minyak sereh mengandung senyawa terpenoid seperti geraniol dan citral yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol,

Senyawa ini bekerja untuk menghambat produksi asam mevalonic (sebagai penyebab tingginya kolesterol).

Peradangan kronis bisa mengakibatkan penyakit kardiovaskular, dimana masalah ini dapat dicegah dengan kandungan di dalam minyak sereh. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian di India yang diterbitkan dalam jurnal "Food and Chemical Toxicology" edisi Oktober 2010.

Pada sebuah penelitian di Jepang yang diterbitkan dalam jurnal "PPAR Research" edisi Juni 2010. Menyebutkan bahwa kandungan senyawa yang ada di dalam serai mungkin bermanfaat untuk mengatasi permasalahan serius seperti diabetes, obesitas dan kadar kolesterol tinggi.


3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Menghindari masalah tekanan darah tinggi bisa dibantu dengan mengkonsumsi air rebusan serai, lakukanlah secara rutin, khasiatnya akan menjaga tekanan darah agar normal dan stabil, serta membuat sirkulasi darah bisa berjalan dengan lancar.
Serai mengandung potassium yang tinggi yang kandungan ini bermanfaat dalam mengatasi masalah tekanan darah yang tidak stabil pada tubuh.

Laman Food.ndtv.com menyebutkan serai sebagai formula alami untuk mengatasi dan menormalkan kembali tekanan darah tinggi. Dimana serai kaya akan potasium yang manfaatnya bisa meningkatkan produksi urin di dalam tubuh, yang pada gilirannya hal ini bisa merangsang sirkulasi darah dan juga membantu menurunkan tekanan darah ke tahap normal.

Lancarnya sirkulasi darah sangat penting untuk membantu memurnikan organ. Serai juga bekerja untuk meminimalisir penyerapan kolesterol di usus, sehingga manfaatnya bisa meningkatkan kesehatan organ jantung secara keseluruhan.

No comments:

Post a Comment