Sunday, March 11, 2018

Efek samping minum rebusan serai tiap hari


Daun yang memang terkenal sebagai daun bersifat antibiotik dan antiseptik ini memang menawarkan berbagai kandungan baik. Tapi juga sebaiknya diketahui betul apa saja kemungkinan efek samping daun sirih, khususnya kalau dikonsumsi secara jangka panjang atau berlebihan tak sesuai dosis seharusnya. Berikut adalah efek positif dan juga efek samping dari daun sirih untuk kita pelajari.

Efek Positif Daun Sirih
Sebelum mengintip apa saja yang menjadi efek samping negatif dari daun sirih, ada baiknya untuk melirik sedikit tentang efek positif atau khasiat daun sirih bagi tubuh Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang banyak dielu-elukan oleh orang-orang yang sudah membuktikan keampuhan daun sirih dalam dunia pengobatan.
  1. Menurunkan Risiko Kanker
Ketika pemakaiannya dilakukan secara benar, maka sebenarnya daun sirih adalah tanaman herbal yang mampu menurunkan risiko penyakit kanker sekalipun. Ini karena di dalam daun sirih ada kandungan yang bernama alkaloid, polifenol, dan juga flavonoid di mana fungsi utamanya adalah sebagai antioksidan dan juga anti-inflamasi.
Dengan kandungan senyawa-senyawa tersebutlah zat-zat asing pun akhirnya dapat dicegah untuk masuk ke dalam tubuh. Zat asing tersebut akan sangat berisiko merusak sel tubuh kita, oleh karena itu kita perlu kandungan dalam daun sirih untuk mencegah pertumbuhan kanker. Di bawah ini adalah cara meminum air daun sirih untuk mencegah kanker.
Caranya: Ambil saja beberapa lembar daun sirih yang kemudian dicuci bersih dan rebuslah hingga airnya mendidih. Lalu setelah diangkat, kita perlu mendinginkannya lebih dulu kurang lebih 30 menit. Barulah setelah dingin, bisa ditambahkan dengan gula batu atau gula jawa sebagai pemanis sedikit. Meminumnya setiap hari akan mampu membunuh zat asing yang memicu perkembangan sel kanker dalam tubuh.
  1. Mengatasi Jerawat
Masalah kulit seperti jerawat pun rupanya dapat diatasi dengan penggunaan daun sirih yang benar. Efek positif satu ini bisa dimanfaatkan oleh Anda yang mungkin sudah berkali-kali ke dokter kulit untuk mengatasi jerawat tapi tak kunjung ada kemajuan yang signifikan.
Daun sirih menawarkan kandungan minyak atsiri dengan kadar tinggi di mana juga diketahui efektivitasnya 5 kali lebih tinggi dalam membasmi bakteri ketimbang zat fenol. Dengan pemakaian yang benar maka tak akan ada masalah dan justru akan sangat berkhasiat dalam menyembuhkan jerawat dengan cukup cepat.
Caranya: Daun sirih yang sudah dicuci bersih dapat seperti biasa direbus lebih dulu. Barulah setelah cukup dingin, air rebusan tersebut bisa digunakan untuk membilas atau mencuci wajah. Melakukan metode perawatan wajah dengan air daun sirih satu ini secara rutin akan membuat baragam bakteri hilang dan kulit pun dijamin menjadi lebih cantik, lembut, halus dan bercahaya tanpa adanya jerawat lagi.

  1. Mengatasi Diare
Dalam hal mengatasi diare pun daun sirih mampu bekerja secara maksimal dan karena itulah banyak orang memercayai efek baiknya. Selain menggunakan oralit, sebenarnya daun sirih pun juga bisa dijadikan obat karena kandungan tannin-nya yang tinggi. Dengan demikian, otomatis tannin tersebut akan melancarkan pencernaan sekaligus menghentikan diare.
Caranya: Ambil saja daun sirih beberapa lembar, dianjurkan mengambil 6 lembar, berikut juga bahan pendukung lainnya, yakni minyak kelapa 1 sendok makan dan lada 6 biji. Tumbuklah seluruh bahan tersebut dan setelah menjadi halus bisa langsung Anda oles ke perut. Penderita diare dijamin akan membaik bila menggunakan cara ini secara rutin.
  1. Menjaga Kesehatan Gigi
Banyak orang zaman dulu meyakini betul bahwa menjaga kesehatan gigi dengan daun sirih sangatlah luar biasa hasilnya. Kakek dan nenek kita tentunya ada yang gemar mengunyah daun ini di mana tujuan utamanya adalah untuk membersihkan gigi mereka. Nyatanya memang daun sirih mampu membantu membersihkan dan menyehatkan gigi.
Ketika daun sirih dikunyah-kunyah, malah seringkali gigi akan kelihatan berwarna merah sehingga tampak aneh. Tapi, kenyataannya justru daun sirih sudah terbukti dapat membuat gigi lebih bersih, sehat dan kuat. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan daun sirih dengan mengunyahnya demi mencegah gigi berlubang.
  1. Membersihkan Mulut
Sebagai obat kumur alami, air rebusan daun sirih juga sangat bisa diandalkan. Kalau daunnya bisa dikunyah-kunyah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, maka air rebusannya bisa membantu menjaga kesehatan seluruh bagian dalam mulut. Kandungan kavikolnya mampu membebaskan mulut kita dari bakteri yang biasanya menyebabkan bau mulut plus sariawan.
Proses mengunyah daun sirih pun pada dasarnya juga bisa membantu menjaga kesegaran mulut dan mencegah bakteri penyebab sariawan, namun bila ingin menggunakan air rebusan juga sah-sah saja. Manfaat dari air daun sirih cukup banyak sehingga Anda bisa menggunakannya setiap hari untuk berkumur. Tunggulah air rebusan menjadi lebih dingin sebelum digunakan berkumur.

No comments:

Post a Comment