Saturday, March 31, 2018

manfaat ikan salem untuk ibu hamil

Semua jenis ikan pada dasarnya sangat baik untuk kesehatan maunusia, terlebih bagi ibu hamil dan dan perkembangan bayi/janin dalam kandunganya.
Akan tetapi sayangnya para ahli menemukan bahwa beberapa jenis ikan laut termasuk makanan laut lainya mengandung polutan yang disebut dengan merkuri.
Ikan yang mengandung merkuri tinggi berpotensi merugikan perkembangan sistem saraf pusat bayi, baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui lebi-lebih ibu yang sedang hamil.
Merkuri bisa terbentuk pada lingkungan secara alami, dan terakumulasi dalam rantai makanan akuatik. Di banyak negara bahkan sudah ditemukan bahwa polusi juga dapat meningkatkan merkuri.
Akan tetapi sebagian besar ikan yang hidup di perairan laut samudra hindia yang meliputi Australia memiliki kandungan merkuri yang sangat rendah.
Tingkat rendah merkuri dari ikan yang hidup di wilayah tersebut tidak menimbulkan resiko kesehatan bagi masyarakat umum. Namun bagi ibu hamil, menyusui, dan anak-anak di bawah 6 tahun perlu membatasi asupan ikan laut ataupun makanan laut tertentu lainya untuk mengurangi kadar merkuri.

Banyak dari jenis - jenis ika air tawar ataupun air laut yang mengandung Omega-3 tinggi yang baik dan aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Berikut ini admin telah menysun jenis jenis ikan air tawar dan air laut yang baik bagi ibu hamil beserta alasanya, silahkan disimak.

1. Ikan Teri 


Kita mulai dari jenis ikan air laut, siapa sangaka ikan teri yang ukuranya kecil ini memiliki keistimewaan yang luar biasa dibanding dengan jenis ikan lain.

Ikan teri sangat kaya akan kalsium, zat yang penting untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi / janin. Selain itu ikan teri juga kaya akan protein, fosfor, zat besi, beberapa vitamin dan mineral lainya.

Yang lebih penting dari itu semua ikan teri sangat rendah markuri sehingga aman untuk dikonsumsi pada masa kehamilan.

2. Ikan Salmon


Ikan laut memang disanrankan untuk tidak dikonsumsi dalam masa kehamilan karena adanya kandungan merkuri.


Merkuri adalah zat yang dapat merusak pertumbuhan janin. Meski begitu kandugan merkuri dari masing-masing jenis ikan laut berbeda-beda, ada yang tinggi ada pula yang rendah.

Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan laut yang kandungan merkurinya rendah yang mana sangat bermanfaat bagi masa-masa kehamilan, sehingga ikan salmon baik dikonsumsi untuk ibu hamil.

Ikan salmon mengandung Omega 3, DHA dan EPA. Ketiga kandugan ini adalah zat yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan neorologis dan pegelihatan pada janin.

Ikan salmon adalah ikan yang habitatnya di Samudra Atlantik dan Pasifik, yang mana sang tepat, aman dan dinjurkan di konsumsi bagi ibu hamil yang menginginkan kelak anaknya cerdas.

No comments:

Post a Comment