Wednesday, April 11, 2018

Manfaat ikan lele untuk ibu hamil

Inilah anggapan yang beredar di masyarakat, mereka menganggap ikan lele adalah makanan yang berbahaya bagi ibu hamil. Mereka hanya mengetahui bahwa ikan lele adalah ikan tawar yang dapat hidup di daerah-daerah kritis. Ikan lele mengkonsumsi makanan sisa bahan organik, sisa dapur bahkan kotoran manusia. Ikan ini juga termasuk dalam golongan binatang karnifora dan jenis binatang scavengers atau pemusnah. Ikan ini juga gemar memakan cacing, serangga air dan udang.

Oleh karena itu, kebanyakan masyarakat berasumsi bahwa berbahaya jika mengkonsumsi lele bagi kehamilan. Tapi apakah mereka mengetahui kandungan gizi pada ikan lele? Ikan lele makanan yang murah meriah dan mudah didapat serta banyak mengandung gizi untuk membantu pertumbuhan janin pada ibu hamil. Ikan lele bagi kehamilan sangat membantu ibu dalam memenuhi kebutuhan gizi, apalagi ikan ini aman dikonsumsi karena kandungan lemak yang cukup rendah.
Hamil makan lele? Tidak masalah bahkan banyak para peneliti yang mengatakan bahwa ikan lele mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan protein pada susu dan daging. Selain mengandung protein yang dibutuhkan, ikan ini kaya akan kandungan gizi seperti asam amino, lisin, fosfor, omega-3, namun ikan ini rendah akan lemak. Kandungan fosfor dalam ikan lele lebih tinggi dibandingan kandungan fosfor dalam telur. Fosfor dibutuhkan ibu hamil lebih banyak untuk membantu oembentukan tulang pada janin, jika ibu hamil kekurangan akan fosfor maka janin akan mengambilnya dari tubuh sang ibu. Oleh karena kebutuhan akan zat-zat tersebut harus terpenuhi agar Ibu menjadi sehat dan bayipun terlahir dengan selamat. Itulah kelebihan ikan lele. Banyak kelebihan yang diperoleh apabila Ibu hamil makan lele. Hal yang perlu diketahui bahwa kandungan gizi Ikan lele yang dipelihara lebih sedikit dibandingkan ikan lele yang ditangkap di alam bebas seperti di sungai atau rawa. Hal ini karena yang mereka konsumsi berbeda dengan ikan yang hidup liar di alam bebas.

No comments:

Post a Comment