Monday, April 9, 2018

Kekurangan ikan bandeng

Bandeng merupakan ikan yang  sudah sangat populer di indonesia karena harganya juga sangat terjangkau dan sudah banyak yang membudidayakan ikan bandeng tersebut. Bahkan sudah banyak yang mengolah ikan tersebut menjadi makanan yang beraneka ragam. Tentunya anda juga tidak akan takut lagi memakan ikan bandeng ini karena banyak yang bilang ikan ini banyak durinya terutama duri halusnya.
Yang selama ini kita ketahui ikan yang populer yaitu ikan salmon yang di ketahui banyak orang ikan tersebut mengandung omega 3 yang sering diburu ibu-ibu yang sedang hamil dan sebagai makanan pendamping ASI. Namun ternyata ikan bandeng mengandung omega 3 yang jauh lebih besar dari ikan salmon yang tentunya harga ikan tersebut lebih mahal dari pada ikan bandeng yang sangat ramah dikantong. Berdasarkan Balai Pengembangan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan (1996), kandungan Omega 3 pada Bandeng (14,2%), Sardines/Mackerel (3,9%), Salmon (2,6%), dan Tuna sebesar 0,2%.
Manfaat ikan bandeng ternyata sangat baik bagi tubuh manusia diantaranya yaitu :
  • Mencegah penyakit jantung koroner.
  • Menurunkan kadar kolesterol darah.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Membantu pertumbuhan sistem sarat serta perkembangan otak.
  • Mencegah penyakit karena kekurangan gizi mikro.
  • Mengurangi resiko hipertensi.
Kelemahan ikan bandeng sendiri terletak pada durinya tersebut yang membuat orang malas untuk memakannya namun di jaman yang sudah modern ini ikan bandeng telah di olah dengan berbagai macam variasi seperti bandeng prestu, nuget bandeng, bandeng tanpa duri, abon bandeng, bandeng sapit, otak-otak bandeng dan tentunya masih banyak lagi olahan bandeng lainnya.

No comments:

Post a Comment