Friday, April 6, 2018

Manfaat ikan bandeng untuk ibu hamil

Chanos chanos  nama ilmiah dari milkfish yang sering kita sebut dengan  ikan Bandeng ikan ini adalah ikan komsumsi .
Mereka tersebar di   dan samudera hindia dan samudera pasifik mereka senang bergerombol di sekitar pesisir dan pulau-pulau dengan terumbu koral. Ikan yang muda dan baru menetas hidup di laut selama 2–3 minggu, lalu berpindah ke rawa-rawa bakau berair payau, dan kadangkala danau-danau berair asin. Bandeng baru kembali ke laut kalau sudah dewasa dan bisa berkembang biak.
Baby bandeng disebut nener dikumpulkan orang dari sungai-sungai dan dibesarkan di tambak-tambak. Di sana mereka bisa diberi makanan apa saja dan tumbuh dengan cepat. Setelah cukup besar (biasanya sekitar 25–30 cm).
  • Alasan kenapa bau lumur…?
memang sering kita jumpai  ikan bandeng agak sedikit bau lumur/tanah ,tapi tidak semua ikan bandeng seperti itu,dikarnakan ikan bandeng ini di kembangbiakan di tambak-tambak sehingga si ikan memakan plankton cyanobacteria terutama genuas,oscillatoria,symloca,dan lyngbia yang menghasikan geusmin,tapi ini tidak akan terjadi bila sirkulasi air baik dan air yang mengalir bebas biosmin,sehingga bau lumpur akan berkurang ,hal ini akan berbeda jika di kembangbiakan di keramba jaring apung yang berada dimuara sungai, teluk,atau selat.karna di situ tidak terjadi pengolahan tanah dan sirkulasi air lancar ,kadar garam rendah dan ikan tidak berbau lumpur.
  • APA SIH kandunganya …?
Dalam 100 grm ikan bandeng mengandung omega 3 (14,2 %) angka ini cukup besar, kalau kita sandingkan dengan ikan komsumsi lainnya , seperti ikan sarden (3,9 %), ikan tuna (0,2 %),sedangkan ikan salmon (2,6 %).selain tinggi kaya akan omega ikan ini juga memiliki : protein (20,38%),Lemak(0.06%),fosfor (53 mg %),sodium(12,0mg%), calcium(4,89 %),potasium(0,38%),lioleic acid (1,25%),EPA(3,39%), DHA(9,48%).Vitamin A (50 UI),Kalsium(15%),Vitamin C (3,7 mg %),Vitamin B6 (0,6 mg),magnesium(30 mg %), Vitamin B12 (2,8 mg %),Zat Besi (0,3%.)
  • APA SAJA manfaatnya …?
Dengan mengkomsumsi  ikan bandeng 3 kali dalam seminggu dan tidak berlebih akan membantu,
  1. menurunkan kadar kolesterol dengan cara pengolahan yang baik (sebaiknya diolah dengan cara dikukus atau direbus)
  2. dapat merangsang perkembang otak anak
  3. mencegah penyakit jantung
  4. bagi ibu hamil /menyusui  ini baik karna dapat menjaga tumbuh kembang janin dan meningkatkan kualitas air susu ibu
  5. menurunkan resiko hipertensi dan lain-lain
sudah jelaskan manfaat dan nilai gizi yang terkandung di ikan ini, memang ikan ini masih kalah pamor dengan ikan salmon ,tuna dan lainnya karna alasannya beragam termasuk masalah durinya /atau tulangnya, tapi sekarang ikan ini mulai merangkak naik dengan inovasi-inovasi yang sudah diciptakan seperti ikan bandeng tanpa duri,ikan bandeng presto,dan olahan lkan bandeng lainnya  ,sehingga ikan ini  lebih mudah untuk di komsumsi .
  • Tips menghilangkan bau lumur
bau lumur pada ikan bandeng dapat disamarkan /dihilangkan dengan beberapa cara:
  1. Dengan cuka (setelah ikan disiangi,lalu tamburkan cuka secukupnya dan diamkan selama 20 menit setelah itu cuci ikan dengan bersih)
  2. Dengan garam dan rempah- remah seperti kunyit, ketumbar ,jahe dan sereh yang sudah haluskan diamkan selama 1 jam , setelah itu cuci atau bisa langsung di olah  rempah ini juga akan menambah cita rasa ikan itu sendiri.

No comments:

Post a Comment