Thursday, April 12, 2018

Manfaat ikan lele dumbo


Sesuai namanya lele dumbo memiliki ukuran yang pastinya lebih besar daripada lele lokal. Selain itu patilnya tidak tajam seperti lele lokal sehingga lebih aman ketika dipegang. Namun daging lele dumbo lebih lunak daripada lele lokal sehingga harus ekstra hati-hati saat mengolahnya agar dagingnya tidak hancur.
Dengan berbagai kandungan nutrisi yang disebutkan di atas mengonsumsi lele dumbo dapat mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya:
1. Sebagai sumber protein
Berbagai jenis ikan terkenal akan kandungan proteinnya yang baik bagi kesehatan dan perkembangan tubuh. Hal ini berlaku pula pada lele dumbo sehingga mengonsumsi lele dumbo dapat memberikan asupan protein yang diperlukan oleh tubuh.

2. Sebagai sumber kalori
Selain itu, manfaat lele dumbo juga memiliki nilai kalori yang cukup tinggi sehingga dapat dijadikan tambahan sumber energi bagi tubuh selain sumber energi utama dari karbohidrat yang terdapat pada nasi, gandum, atau ubi. Dalam 1 kg lele dumbo terkandung sekitar 250 kilokalori.
3. Menghaluskan kulit
Kandungan vitamin C pada lele dumbo dapat membantu menjadikan kulit lebih halus dan lembab sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi jenis ikan air tawar ini.

4. Meningkatkan nafsu makan
Ikan lele dumbo terkenal akan rasanya yang gurih dan lezat. Apalagi jika dimasak dengan tambahan berbagai bumbu membuat olahan ikan ini kian menggugah selera sehingga dapat meningkatkan nafsu makan anda.
5. Menjaga kesehatan mata
Selama ini kita lebih mengenal buah-buahan seperti tomat dan wortel yang kaya akan vitamin A dalam menjaga kesehatan mata. Namun siapa sangka bahwa ternyata lele dumbo juga mengandung vitamin A sehingga juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata.

6. Menetralkan asam lambung
Produksi asam lambung berlebih atau naiknya asam lambung merupakan gangguan pencernaan yang cukup serius sehingga membuat penderitanya merasa nyeri pada ulu hati, sensasi rasa terbakar, serta mual. Mengonsumsi ikan lele dumbo dan sepiring nasi ternyata dapat membantu menetralkan gangguan asam lambung sehingga gejala-gejala tersebut bisa berangsur pulih.

7. Mengatasi insomnia
Konsumsi ikan lele dumbo juga membawa manfaat positif bagi pola tidur anda. Dengan mengonsumsinya dapat membantu mengaktifkan kelenjar pineal yang berperan membuat tidur lebih tenang dan lelap sehingga gangguan insomnia dapat diatasi.

No comments:

Post a Comment