Monday, April 2, 2018

Kandungan gizi ikan laut segar

PROTEIN :Mengandung asam amino lysine yang mempunyai daya cerna tinggi sehingga dapat terserap dengan baik oleh tubuh.
OMEGA – 3 :Kandungan DHA dan EPAnya sangat baik untuk perkembangan sel – sel otak yang berguna bagi kecerdasan retina mata untuk mempertajam penglihatan.
VITAMIN :Larut dalam lemak dan cenderung stabil, vitamin A banyak terkandung dalam hati ikan.
MINERAL :Terdiri dari Yodium, Phospor, Besi, Selenium dan Kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.
BIO-ACTIVE : Komposisi nutrisi yang sangat baik untuk menguatkan vitalitas tubuh.
ASAM LEMAK TAK JENUH :Mengandung HDL (kolesterol yang baik) yang dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah/athero schlerosis.
Ikan tongkol ini merupakan salah satu jenis ikan yang cukup banyak diekspor dan juga dikonsumsi sendiri untuk kebutuhan makan setiap hari. Walaupun ikan ini cukup diminati, namun pembudidayaan ikan tongkol ini masih cukup jarang dilakukan.

Manfaat Ikan Tongkol Bagi Kesehatan
Mempunyai penampilan dan juga rasa yang hampir sama, ternyata ikan tongkol ini juga mempunyai manfaat yang tidak kalah penting dari saudaranya ikan gindara.

Manfaat ikan tongkol ini ternyata cukup besar, seperti apa manfaatnya? Berikut ulasannya:
1. Menjaga kesehatan mata
John Hopkins School of Medicine pernah mengungkapkan dalam penelitiannya bahwa kandugan omega 3 pada ikan tongkol ini mampu mengurangi resiko penyakit AMD ( Age Macular Disease) yang merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan.
2. Mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi
Kandungan protein dalam ikan tongkol ini sangat bermanfaat dalam proses pertumbuhan dan perkembangan masaa dan kekuatan otot. Selain itu protein ini juga memberikan energi tambahan pada tubuh.
3. Mencegah kulit kusam
Kulit merupakan hal yang paling dijaga oleh semua orang. Mempunyai kulit yang kusam tentu sangat mengganggu. Untuk mencegah kulit kusam ini, sobat dapat juga mengatasinya dengan rajin mengkonsumsi ikan tongkol.
Caranya:
Filet atau sayat kulit ikan, khususnya pada daerah sekitar sirip punggung sampai ekor
Rebus sayatan kulit ikan tongkol tadi dengan batang serai yang sudah dimemarkan.
Tambahkan garam secukupnya
Setelah matang, angkat dan sobat dapat makan ikan tadi beserta dengan kuahnya.
4. Mencegah anemia
Ikan tongkol ini juga mengandung zat besi yang sangat baik untuk menjaga kekurangan sel darah merah atau anemia. Dengan rutin mengkonsumsi ikan tongkol, dapat menurunkan resiko terjadinya anemia.
Namun, untuk sobat yang ingin mendapatkan manfaat maksimal dari ikan tongkol ini, sebaiknya memasak ikan tongkol dengan cara direbus atau dikukus. minimalkan menggoreng ikan, sobat dapat memasak ikan dengan dijadikan sup atau pepes.
5. Mencegah obesitas
Dalam ikan tongkol terdapat kandungan EPA. Yang mana kandungan ini dapat menstimulasi munculnya hormon leptin. Hormon leptin ini membantu menghindari keinginan untuk makan. Dengan menghindari makan yang berlebih, akan membantu menjaga berat badan.
Selain itu, ikan tongkol ini juga dapat mengikat lemak. Hal ini sangat baik sekali untuk sobat yang sedang dalam progam diet.

No comments:

Post a Comment