Wednesday, April 11, 2018

Manfaat ikan lele goreng

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ikan lele juga dapat menyebabkan efek samping bagi kesehatan jika dalam mengkonsumsinya di lakukan secara berlebihan atau tidak teratur. Nah, dalam artikel kali ini saya akan ringkas beberapa manfaat mengkonsumsi ikan lele dan efek samping mengkonsumsi lele, seperti yang telah saya rangkum di bawah ini sebagai berikut.
  1. Bermanfaat sebagai sumber protein
Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki sumber protein hewani yang cukup tinggi sekitar 20%. Khasiat atau keistimewaan sumber protein yang cukup tinggi pada ikan lele ini tidak hanya untuk menambah kadar protein pada tubuh kita, namun juga dapat di jadikan sebagai pelengkap mutu protein dalam menu makan kita. Selain mengandung protein yang cukup tinggi, dalam kandungan ikan lele juga mengandung leusin, metionin, serta minyak esensial dan asam amino dengan kadar protein yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan daging dan susu. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa, ikan air tawar mengandung metionin dan kadar sitin yang cukup tinggi. Perlu anda ketahui bahwa sitin ini berfungsi untuk membantu dalam proses pertumbuhan anak, dan juga dapat dijadikan sebagai kerangka untuk niasin saat proses penyembuhan penyakit herpes.

  1. Bermanfaat akan rendah lemak
Kandungan lemak yang terkandung pada ikan lele terbilang sangat rendah dan bersifat sederhana yaitu netral atau trigliserida. Daging ikan lele yang rendah akan lemak ini terdapat pada bagian perut atau bagian tubuh paling bawah dan pada bagian hati ikan lele tersebut. Pada ikan lele ini juga terdapat kandungan lemak yang bersifat komplek, dengan demikian maka secara tidak langsung kolestrol akan ikut tertekan.
  1. Bermafaat akan kandungan Omega 3
Kandungan omega 3 yang terkandung pada ikan lele ini berfungsi untuk membantu dalam proses perkembangan otak janin, dan ini snagat baik untuk ibu hamil. Selain itu, kandungan omega 3 ini sangat berfungsi untuk perkembangan saraf serta penglihatan bayi.
  1. Bermanfaat sebagai sumber protein pendek
Mengkonsumsi daging ikan lele sangat mudah untuk di cerna dalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi ikan lele ini sangat aman bagi sistem pencernaan tubuh. Nah, bagi anda yang ingin makan dengan makanan yang mudah untuk di cerna, maka mengkonsumsi daging ikan lele adalah solusinya.

  1. Bermanfaat kaya akan kandungan pospor
Sebanyak 100 gram daging ikan lele mengandung kandungan phospor mencapi 168 mg, dan lebih tinggi jika di bandingkan dengan 100 mg telur. Kandungan phosphor ini berfungsi untuk memberi energi dan kekuatan pada metabolisme pati dan lemak, membantu dalam penyerapan kalsium, membantu dalam sistesis, serta menjadi penunjang bagi kesehatan gigi dan gusi. Phospor ini ternyata juga sangat di buutuhkan untu ibu hamil, sehingga janin dalam kandungan berfungsi sebagai pembentukan janin dan tulang.

No comments:

Post a Comment