Sunday, April 1, 2018

Kandungan kolesterol ikan salem

Kelompok ikan laut berikut ini paling digemari dan dicari karena kandungan omega 3-nya tinggi sekaligus bebas kolesterol. Jenisnya antara lain salmon, mackerel, tuna dan sarden.
Beberapa ikan tersebut mengandung omega 3 dalam dagingnya karena habitatnya yang berada dikedalaman laut.
IKAN AIR TAWAR
Pada umumnya semua jenis ikan air tawar lebih aman dikonsumsi oleh segala usia. Sebab relatif sedikit mengandung kolesterol bahkan hampir tidak ada. Tapi tunggu dulu, tidak semua ikan air tawar boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol.Ikan lele dumbo (lele berukuran besar), ikan patin yang dibudidayakan dan belut, sebaiknya dihindari karena kandungan lemaknya tinggi.
Lantas ikan air tawar apa yang boleh dan aman dikonsumsi semua usia dan penderita penyakit tertentu?
Pilih saja ikan gabus, ikan lele (bukan lele dumbo), gurami, nila, ikan mas, wader, mujahir, ikan keting, ikan betik (papuyuh), ikan tawes dan ikan sepat.
IKAN AIR PAYAU
Air payau adalah campuran antara air laut dan air tawar. Tak banyak jenis ikan yang hidup di air payau. Jenis ikan yang media hidupnya air payau antara lain banden dan belida. Meskipun di air payau tapi sifatnya lebih cenderung ke ikan air tawar. Begitu pula dengan kandungan nutrisnya. Sehingga ikan bandeng dan ikan belida relatif aman dikonsumsi oleh segala usia
PENTINGNYA OMEGA 3
Baik jenis ikan tawar, laut atau ikan payau secara garis basar kaya protein. Protein berguna bagi tubuh sebagai zat pembangun, misalnya pada anak-anak sangat berperan untuk perkembangan tubuh dan sel otaknya. Sedangkan pada orang dewasa, apabila terjadi luka, memar dan sebagainya, maka protein dapat membangun kembali sel-sel yang rusak.
Protein juga baik untuk sistem pencernaan, memperkuat sistem daya tahan tubuh, membantu sistem pernapasan, menghasilkan hormon dan enzim serta fungsi protein lainya.
Selain protein, jenis lemak didalam ikan (asam linoleat) setelah melalui proses metabolism dalam tubuh manusia akan menghasilkan asam lemak yang dikemudian dikenal dengan nama omega 3.
Manfaat omega 3 buat bayi, sangat penting untuk perkembangan fungsi saraf dan penglihatan bahkan jauh sebelum bayi lahir, persisnya saat proses tumbuh kembang otak janin mulai berjalan, ibu hamil sangat dianjurkan mengonsumsi makanan sumber omega 3.
Bila pada masa tersebut cukup tersedia omega 3 maka anak tersebut akan tumbuh dengan potensi keverdasan maksimal.
Diusia dewasa, omega 3 punya peranan khusus. Otak, susunan saraf pusat, saraf tulang punggung, sebagian besar terdiri atas asam lemak tidak jenuh (esensial).
Terjadi degenerasi (kerusakan) susunan saraf banyak disebabkan oleh kurangnya asam lemak esensial (omega 3) yang bisa menyebabkan hilangnya daya ingat di usia dan menengah dan turunnya fungsi otak secara drastis.
Omega 3 berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tunuh dan menghambat beberapa jenis kanker. Juga menurunkan resiko penyakit jantung koroner hingga 50persen, menekan kolesterol jahat (LDL) sehimgga mengurangi resiko aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah) yang sering menyebabkan penyakit jantung koroner atau srtoke.
Omega 3 selain bisa menurunkan kadar kolesterol darah, bisa mengatasi beban penderita penyakit asma, rematik, penyakit kulit, komplikasi diabetes dan kanker payudara.

No comments:

Post a Comment