Wednesday, February 28, 2018

Manfaat ikan salmon bagi ibu hamil

Semua orangtua ingin anaknya terlahir sehat, sempurna, dan menggemaskan. Apalagi, jika buah hati tumbuh menjadi anak yang cerdas dan pintar. Dalam hal ini, nutrisi ibu hamil mengambil peranan penting. Melalui asupan makanan yang dikonsumsi ibu hamil, menjadi nutrisi pendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Oleh karena itu, ibu hamil harus memilih nutrisi yang bergizi dan tidak sembarangan makan saat tengah berbadan dua. Bahkan, jika ibu suka makan makanan tertentu, namun tahu makanan tersebut tidak baik untuk kehamilan, maka sebaiknya dihentikan atau dibatasi dahulu mengkonsumsinya. Beberapa makanan yang patut untuk dihindari adalah makanan-makanan yang menggunakan bahan pengawet dan MSG tinggi, seperti dalam junkfood dan mi instan. Lalu, kalau ada makanan yang terbukti sangat menunjang kebutuhan nutrisi buah hati ibu kenapa tidak dikonsumsi?
Salah satu makanan yang memiliki manfaat besar untuk ibu hamil adalah ikan salmon. Hal ini karena ikan salmon memiliki kandungan asam lemak esensial, yakni omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ikan laut yang banyak hidup di Samudera Atalntik dan Samudera Pasifik ini layak menjadi makanan yang disertakan setiap minggunya dalam menu makanan ibu hamil.
Ikan salmon memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi dan dibutuhkan dalam perkembangan janin. Memang, ikan ini dijual di pasaran dengan harga yang lebih mahal dibanding jenis ikan lainnya. Namun, jika memberikan manfaat yang besar, wajar saja jika ikan ini tetap diburu oleh konsumennya. Anda dapat mendapatkan ikan salmon di swalayan atau supermarket di kota Anda.
Apa sebenarnya omega 3 itu?
Omega 3 adalah salah satu jenis lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tubuh sendiri tidak bisa memproduksinya. Oleh karena itu, untuk memperoleh omega 3, tubuh harus mendapatkannya dari luar, yakni dari asupan makanan yang dikonsumsinya.
Tubuh membutuhkan omega 3 ini sebesar 300 mg setiap harinya. Omega 3 ini dapat diperoleh dari ikan-ikanan, dan beberapa kacang-kacangan. Ikan salmon merupakan jenis ikan yang kaya akan kandungan omega 3 tersebut.
Apa manfaat salmon untuk ibu hamil?
Ikan salmon yang kaya akan omega 3 ini memiliki banyak manfaat, terutama bagi ibu hamil. Komponen-komponen omega 3 dalam ikan salmon ini, di antaranya adalah DHA (Docosahexaenoic acid) dan EPA (Eicosapentaenoic acid). DHA berfungsi dalam mengantarkan rangsangan saraf menuju ke otak, sedangkan EPA berfungsi dalam pembentukan sel-sel darah dan jantung, serta melancarkan sistem sirkulasi darah.
Bagi ibu hamil, omega 3 sangat penting dalam mendukung perkembangan otak janin yang pada akhirnya berpengaruh pada kecerdasan si kecil nantinya. Omega 3 berperan dalam pembentukan sel otak. Yang paling mengejutkan, ternyata 40% asam lemak di dalam otak berupa asam lemak omega 3.
Dalam sebuah penelitian, juga disebutkan bahwa konsumsi ikan salmon dapat memperkecil risiko bayi terlahir autis. Tak hanya itu, konsumsi salmon ternyata juga dapat menurunkan risiko bayi terlahir prematur, bayi lahir dengan kecerdasan yang kurang, seperti sulit konsentrasi, dan juga hiperaktif. Wah, ternyata manfaatnya sungguh besar ya Bu. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi salmon paling tidak dua kali dalam satu minggu saat usia kehamilannya di trimester pertama hingga trimester kedua kehamilan.
Ikan salmon memang berbau tajam, dan bagi yang tidak suka baunya bisa saja tak mau mengkonsumsinya. Namun, mengingat manfaatnya untuk buah hati, rasanya saat tengah hamil sayang untuk melewatkannya. Tak masalah jika harus berburu ikan ini dan memasaknya di dapur sendiri, meski sedang morning sickness.
Bagaimana memilih dan mengolah ikan salmon dengan tepat?
Seringkali kesalahan dalam memilih dan mengolah ikan salmon membuat nutrisinya tidak didapatkan dengan maksimal. Apalagi untuk ibu hamil yang dapat mengambil manfaat besar dari si ikan salmon kaya omega 3. Lalu bagaimana pemilihan dan pengolahan ikan salmon yang harus dilakukan?
  • Pilih ikan salmon dengan mata yang cerah dan sisik-sisiknya masih berkilau.
    Mata salmon yang cerah dan didukung sisik yang berkilau menunjukkan bahwa ikan ini masih segar. Anda bisa pula menghirup baunya yang beraroma laut dan tidak berbau terlalu amis.
  • Masak salmon dengan api sedang supaya tidak overcooked dan nutrisi tetap terjaga.
    Anda dapat mengolah salmon dengan berbagai variasi cara pengolahan, yakni direbus, digoreng, dan dipanggang. Pengolahan dengan direbus atau digoreng, gunakan api sedang saja karena salmon cepat sekali matang dan berubah warna. Jika digoreng, sebaiknya menggunakan minyak sedikit dan segera angkat jika warnanya sudah berubah menjadi merah muda di tengahnya. Apabila dipanggang, gunakan suhu yang tidak terlalu tinggi karena bisa cepat overcooked.

No comments:

Post a Comment