Tuesday, February 27, 2018

Ikan tuna segar untuk ibu hamil

Ikan tuna memiliki banyak nutrisi untuk tubuh. Namun apakah ikan ini aman dikonsumsi ibu hamil? Selama ini perihal ikan tuna dan ibu hamil selalu menjadi perdebatan oleh para ahli. Sebuah artikel di Consumer Reports merekomendasikan ibu hamil untuk menghindari semua jenis tuna. Namun para ahli dan kelompok kesehatan tak setuju dengan hal ini.
Untuk mengerti perdebatan ini, sangat penting untuk mengetahui pokok permasalahannya terlebih dahulu. Masalah yang ada pada ikan tuna adalah bahwa ikan ini mengandung tingkat merkuri yang tinggi, yang oleh peneliti diklaim bisa mengganggu perkembangan bayi. Ibu hamil sebenarnya direkomendasikan untuk mengonsumsi delapan sampai 12 ons ikan per minggu, namun harus ikan yang rendah merkuri. Ini karena ikan akan membantu perkembangan janin.
Meski begitu, peneliti juga menyarankan agar ibu hamil menghindari beberapa jenis ikan seperti ikan hiu, ikan todak, dan makarel karena tingkat merkuri pada ikan tersebut sangat tinggi. Selain itu, peneliti juga merekomendasikan memakan ikan tuna enam ons per minggu. Lantas, apakah ikan tuna aman untuk ibu hamil?
"Penelitian dari FDA dan EPA menunjukkan bahwa ikan tuna kalengan aman dikonsumsi selama jumlahnya dibatasi. Jika jumlah ikan tuna kalengan yang dikonsumsi hanya sedikit, kemungkinan tak akan berpengaruh banyak pada kesehatan ibu," ungkap ahli kesehatan wanita Jennifer Wider, M.D, seperti dilansir oleh Women's Health Mag (27/08).
Hal ini karena ikan tuna masih mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Namun sebaiknya pastikan untuk mengonsumsi ikan yang rendah merkuri. Akan sangat baik untuk memilih ikan tuna segar dan bukan ikan tuna kalengan. Ikan tuna kalengan mengandung sekitar 14 sampai 40 mikrogram merkuri.
Jika Anda masih ragu, tak masalah menghindari tuna sama sekali. Namun pastikan juga mendapatkan nutrisi dari makanan laut lain yang lebih rendah merkuri. Namun jika Anda adalah pecinta ikan tuna, tak masalah mengonsumsi ikan tuna saat hamil, selama ikan tuna tersebut segar dan mengandung sedikit merkuri.

No comments:

Post a Comment